$results={3}

Catat! Persiapkan 5 Hal ini Saat Akan Berlibur ke Jakarta

 
5 hal persiapan penting saat akan liburan ke jakarta

Jakarta selalu menjadi tempat tujuan favorit untuk berlibur. Banyak destinasi wisata yang menjanjikan untuk bisa dilihat, baik yang gratis maupun berbayar. Namun ada hal yang harus diperhatikan saat akan berlibur ke Jakarta, apalagi jika kamu akan menghabiskan waktu lebih dari dua hari di sana dan menggunakan kendaraan pribadi roda 4. Ini karena pemerintah telah menjalankan aturan Ganjil Genap Jakarta yang membuat perjalanan kamu sedikit terganggu.

Meskipun ada sedikit gangguan dalam perjalanan wisata, tapi tidak mengapa dong ya. Karena dengan adanya aturan tersebut tentu kemacetan akan terhindarkan dan perjalanan akan terasa nyaman. Walau begitu agar liburan kamu tetap berjalan lancar, ada baiknya jika dipersiapkan dahulu apa saja yang akan dibutuhkan saat berlibur ke Jakarta nanti.

5 Persiapan Penting Saat Liburan ke Jakarta

Berikut ini adalah 5 hal yang harus dipersiapkan saat akan berlibur ke Jakarta agar perjalanan kamu terasa aman dan nyaman.

Aktifkan Navigasi Online

Saat akan berkunjung ke tempat wisata yang kamu sendiri belum hafal arah jalannya, seperti ke wisata Ancol, Dufan, TMII ataupun Monas, selalu aktifkan GPS dan gunakan aplikasi navigasi peta online seperti Waze atau Gmaps. Banyak hal yang didapat dengan mengandalkan peta online ini. Kamu akan lebih mengenal jalan jalan yang ada di Jakarta, menghindari kemacetan di area tertentu dan pengalihan jalur seperti Ganjil Genap Jakarta yang pastinya menjadi perhatian.

Gunakan aplikasi navigasi peta untuk Ganjil genap jakarta dan kemacetan
Pic : Freepik.com

Aturan Ganjil Genap ini dilakukan adalah untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara di wilayah Jakarta. Penerapannya biasa dilakukan di jam 6 sampai 10 pagi dan juga sore di jam 4 sampai 9 malam. Dengan adanya peraturan ini kamu akan lebih paham ruas jalan mana yang terdampak dan tidak terdampak. Tapi jangan khawatir, aturan Ganjil Genap Jakarta ini tidak berlaku di hari libur maupun hari besar.

Selalu Jaga Dompet dan Ponsel

Awas copet! Namanya Jakarta, kota yang besar dengan beragam tingkah laku warganya. Karena ada kesempatan, tentu niatan jahat pun timbul. Oleh karenanya selalu waspada dengan gerak gerik orang yang mencurigakan karena bisa jadi dia copet. Jika sedang naik transportasi umum, letakkan dompet dalam tas dan dekaplah tas di depan agar bisa diawasi. Juga jangan gunakan ponsel di tempat yang tidak kondusif, karena selalu saja ada orang yang memanfaatkan kelengahan kita.

Siapkan E-money

E-money memudahkan pembayaran cashless
Pic : iStockphoto.com

Senada dengan poin nomor 2 di atas, sebaiknya saat membawa dompet hindari membawa uang tunai terlalu banyak. Lebih baik jika kamu menggunakan aplikasi e-money atau uang elektronik dari ponsel, agar lebih simpel saat menggunakan uang dan bisa menggunakannya dengan bijak. Saat ini rata-rata merchant di tempat wisata yang ada di Jakarta seperti cafe dan resto, sudah banyak yang mewajibkan pembayaran cashless melalui QRIS maupun e-money . Hal ini untuk menghindari peredaran uang palsu dan meminimalisir kontak virus.

Selalu Pakai Masker

Polusi udara merupakan salah satu hal yang selalu menghiasi kota Jakarta bahkan sejak  20 tahun yang lalu. Menurut data dari IQ Air terbaru, Jakarta menempati posisi 3 di dunia polusi udara tertinggi setelah Cina dan Kongo. Ini karena bertambahnya jumlah kendaraan dan industri pabrik yang tidak terawasi. Udara yang tidak baik tentunya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti batuk dan ISPA. Oleh karenanya jika kamu sedang berada di Jakarta pakai masker di tempat tertentu itu harus.

Bawa Tumbler Agar Terhidrasi

Cuaca yang tidak menentu, kadang hujan, kadang panas membuat kita jadi gampang dehidrasi. Apalagi kalau kamu sedang berlibur berjalan menelusuri jalan setapak di tempat wisata Jakarta. Membawa tumbler atau botol minum pribadi merupakan keharusan agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Membawa minuman sendiri tentu akan lebih baik karena kita dapat meminimalisir sampah plastik. Jadi jaga lingkungan dapat, sehatnya juga dapat, setuju kan?

Penutup

Walaupun Jakarta memiliki banyak kekurangan seperti masalah kemacetan dan polusi, ternyata tempat wisata menarik di kota Jakarta yang beragam masih mampu memberi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya wisatawan dalam negeri. Penerapan aturan ganjil genap dan pemakaian masker di titik-titik tertentu pastinya bukan jadi masalah bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Jakarta, melainkan agar liburan kamu jadi aman dan nyaman. Selamat berlibur!

14 komentar

  1. Saya tuh di Jakarta masih belum pede ke mana-mana sendiri naik transportasi massal pada bisa yaa, mengandalkan online maps dan rajin bertanya kepada para pengguna transportasi online.

    BalasHapus
  2. Mba id... Mau ke jekadah ya...
    Jangan lupa mampir ya, kan udah satu pulau sama sayah itu jekadahnya 😁

    BalasHapus
  3. Yuk berlibur ke Jakarta! Kalau ke sini kabari ya...
    Benar mesti siap dengan ganjil genap kalau pakai mobil pribadi, juga hati-hati copet, saya pernah kecopetan HP di acara blogger saat di GBK, hiks. Lalu bayar membayar dah banyak yang cahsless, siapin uang di rekening bayar pakai QRIS saja, atau isi penuh e wallet kita...:)

    BalasHapus
  4. Saya pernah acara SEO con ke Jakarta. Memang buat orang luar jkt yang masih asing berbagai lokasi dan fasilitas di sana, wajib siapkan sgala hal di atas. Terutama smartphone dan rekening yang tebel. Hehe
    Bukan apa-apa, itu buah berjaga-jaga tidak menemukan tempat makan terdekat dari penginapan, yang akhirnya ojek online terus.
    Semoga kita semua diberikan rizki berlimpah ya Kak. Saya pengen ke Jakarta lagi nih.

    BalasHapus
  5. Saya pernah dengar juga tentang ganjil genap jakarta ini, tapi belum liat secara realnya. Agak ribet ya, tapi gak papa lah biar Jakarte gak macet lagi, hehe

    BalasHapus
  6. Kalo ke Jakarta hal yang penting itu tahu jalan karena macet dimana-mana. Nafikasi secara online itu sangat penting biar tahu jalan mana yang efektif dan efisien hehe

    BalasHapus
  7. sepakat banget, Jakarta punya daya tarik sendiri meskipun jalannya cukup padat di jam-jam tertentu. Aku pun kalau ke Jakarta selalu sedia tumbler biar nggak dehidrasi mengingat panasnya udara di sana :)

    BalasHapus
  8. Langsung terbayang kota tua, monas, tmii, ancol, taman safari, dufan, ya Allah semua ada di jakarta ya kak. Siap-siap sedang cashless ya kak biar lancar jalan-jalannya

    BalasHapus
  9. Kalau ke Jakarta paling enak tuh pas libur Lebaran, Mbak. Jalanan kosoooong. Hahaha. Pengalaman tinggal 10 tahun di Jakarta dan jarang dapat libur mudik pas Lebaran soalnya piket Lebaran. Jadinya malah tau Jakarta tuh enak banget dinikmati pas Lebaran. Gak ada drama macet di tengah kota.

    BalasHapus
  10. Betul banget kalau ke jakarta selain bawa smartphone dan e wallet terisi juga harus bawa w-money
    Yg tidak lupa juga payung, tisu basah dan minum sendiri. Wajib itu kalau untuk saya mah jika mau ke Jakarta

    BalasHapus
  11. Saya yang tinggal di kota kecil saja sekarang lebih nyaman pakai masker, Mbak. Selain karena telanjur terbiasa memakainya semenjak pandemi, juga memang karena di jalan udaranya sudah terasa kurang enak. Btw, sepertinya kalau liburan ke Jakarta itu enaknya kalau musim liburan di saat orang Jakarta liburan ke daerah lain.

    BalasHapus
  12. Aku kalau ke Jakarta wajib banget siapin emoney, karena lebih seeing pakai transportasi umum. Lebih praktis, dan bisa menikmati kota Jakarta lewat pemandangan dari dalam kereta atau busway.

    BalasHapus
  13. Sepakat banget, harus sedia masker kalau pergi ke Jakarta. Terlebih Jakarta terkenal macet dan sekarang musim kemarau panjang.

    BalasHapus
  14. betul, wajib ke Ancol dan Dufan apalagi mengajak keluarga tercinta agar bisa bermain dengan riang gembira :D

    BalasHapus