$results={3}

Webtoon Minak Jinggo : Cerita Sejarah dan RPG Isekai Gabung Jadi Satu

 

Webtoon review Read: the Chronicle of Minak Jinggo

Siapa di sini yang pernah mendengar nama Minak Jinggo itu cuma sebuah nama sigaret kretek? Ternyata gak hanya itu gais, awalnya aku pun juga berpikir demikian. Minak Jinggo atau Menak Jinggo ternyata merupakan bagian dari sejarah kerajaan Majapahit dan ada kaitannya dengan perang Paregreg yang begitu terkenal ceritanya di kalangan cerita rakyat Jawa.

Nah, bagaimana kalau cerita Minak Jinggo ini menjadi cerita dalam sebuah webtoon. Read: The Chronicle of Minak Jinggo. Chronicle sendiri artinya adalah babad. Jadi artinya adalah Babad dari Minak Jinggo. Menurut laman balaibahasajabar.kemdikbud.go.id. babad adalah naskah kuno dari sebuah cerita sejarah atau legenda suatu daerah. Babad sering dipakai sebagai salah satu sumber untuk mempelajari sejarah tanah Jawa.

Kalau sebelumnya aku pernah membahas webtoon Ken Dedes yang begitu populer dibicarakan di dunia ‘pergepengan’, meski cerita yang diusung berlatar tradisional dan rupanya banyak kesamaan dengan webtoon Minak Jinggo ini.

Di mulai dari genrenya yang sama, berasal dari pulau Jawa, latar belakang ceritanya, sampai tema fantasi plus time travel (isekai) yang melekat pada cerita tokoh utamanya. Karena hal tersebut, membuat aku jadi penasaran ingin membahasnya.


Sinopsis Webtoon Read: The Chronicle of Minak Jinggo 

Danu dan Mario di Webtoon Chronicle of Minak Jinggo
Pic : @metalu7wonders

Danudirja Setiabudi alias Danu, selalu mendapatkan ranking 1 sedari SD berteman dengan Mario yang memiliki sifat dan kepintaran yang bertolak belakang dengannya. Danu yang sifatnya pendiam, cocok dengan sifat Mario yang periang dan suka membuat masalah. Saat di bangku SMA ia juga berteman dengan Mario meski mereka berbeda kelas. 

Suatu hari Danu melihat di kelas Mario kedatangan murid baru pindahan dari luar negeri bernama Tika. Ternyata Tika adalah teman masa kecilnya Danu sekaligus rival sebagai teman sekelas dalam mendapatkan ranking. Tapi jauh setelah itu Danu sangat merindukan masa kecilnya bersama Tika sampai ia SMA.

Mengkaget lagi, ternyata Tika dan Mario baru aja pacaran dan ini yang membuat Danu terpotek 💔. Ia pun awalnya tak ingin menolong Mario untuk menemukan Tika yang terjebak dalam buku Minak Jinggo yang mereka baca di perpustakaan Kota, lho emang bisa??


Terjebak dalam Sejarah Era Kerajaan Majapahit - Minak Jinggo

Ternyata ada mantra khusus di dalam buku Minak Jinggo tersebut sehingga Tika bisa terjebak di sana. Bukan Tika saja, bahkan Mario yang awalnya ikut bersamanya pun jadi mati 2 kali karena selalu kalah melawan prajurit Majapahit bagian Barat. Karena penasaran dengan apa yang dikatakan Mario, walaupun masih setengah hati Danu tetap menolong sahabatnya itu. Beneran cuy, karena gak punya persiapan Danu pun terjebak dan dibunuh sama prajurit Majapahit Barat.

Kali kedua akhirnya mereka melakukan percobaan untuk masuk ke dalam cerita buku Minak Jinggo tersebut. Perjalanan time travel alias Isekai mereka berhasil, karena Danu dan Mario telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk senjata kembang api, obat dan handphone. 

Danu tokoh utama webtoon the chronicle of minak jinggo
Pic : @metalu7wonders

Di tengah perjalanan Danu dan Mario bergabung menjadi prajurit Majapahit Timur demi mencari Tika. Teka teki mengapa mereka bisa survive terjawab, rupanya perjalanan mereka telah diatur oleh sang ‘Peri Permainan’, sedangkan Danu dan Mario adalah ‘player’nya. Tugas sang peri yang tampangnya aneh ini  adalah memandu mereka selama menjadi player mengerjakan misi utama, yaitu menyelesaikan setiap stage permainan di game dan totalnya ada 3 stage.

Setiap player hanya diberi 5 nyawa yang tandanya ada di siku tangan. Selain itu juga diberikan kantong magis alias inventory untuk menyimpan alat yang mereka butuhkan. Setiap misinya juga akan diberikan reward, tapi kalau gagal menyelesaikan misi maka player akan terkurung selamanya dalam cerita, huhu sadis ya. 

Melihat sistem permainan dalam ceritanya seperti sedang bermain game RPG aja ya. Mungkin penulis juga terinspirasi dari game favorit yang dimainkan. Inti cerita dari webtoon ini adalah menemukan Tika dan membawanya kembali ke dunia nyata. Tapi ternyata gak semudah itu karena Tika hanyalah NPC (Non Playable Character) saja bagi permainan ini.

Danu dan Mayang webtoon the Chronicle of Minak Jinggo
Pic : @metalu7wonders

Di tengah perjalanan pun Danu dan Mario dihadapkan dengan para pengembara dan para bandit yang saling berseteru, termasuk Mayang, jagoan dari tim pengembara (NPC) yang menjadikan Danu tawanan sekaligus partner dalam melawan para bandit. Begitu juga dengan Tika yang bertemu dengan Damarwulan kecil yang dalam sejarahnya adalah orang yang mengalahkan Minak Jinggo yang konon katanya penguasa Blambangan.

Wuihh ternyata ceritanya seru juga ya gais. Konsep cerita sejarah, yang dicampur sama genre fantasi plus Isekai (time travel ke zaman dulu) dan dimodif dengan alur permainan RPG jadinya gak monoton deh bacanya. Bagaimana gais? Tertarik buat baca? Webtoon ini hasil karya webtoonist lokal Metalu, arek Jawa Timur yang suka mengangkat cerita dengan kearifan lokal Indonesia. Karya lainnya yang tak kalah serunya adalah 7 Wonders.


Judul : Read: The Chronicle of Minak Jinggo

Author : Metalu

19 episode ( on Going )

2 komentar

  1. Salam kenal, perdana berkunjung ke blog ini. komiknya seru juga ya, coba ah meluncur ke minak jinggo

    BalasHapus
  2. Sebagai angkatan jadoel aku tahu cerita Minak Jinggo ini. Seru sekali ini konsep cerita sejarah, yang dicampur sama genre fantasi plus Isekai dan dimodif dengan alur permainan RPG jadinya menarik dibaca

    BalasHapus