$results={3}

5 Ciri ciri Maag Kambuh Setelah Makan, Waspada Sebelum Menjadi Kronis

Ciri ciri maag kambuh setelah makan waspada sebelum menjadi kronis

“Tanggal tua jangan lupa stok obat maag ya, biar gak tambah mumet”. Begitulah pesan lelucon seorang teman menanggapi cerita curhatan di grup chat emak-emak yang biasanya stres menghadapi akhir bulan. Memang ada benarnya juga sih tiap bulan aku pasti mengalami sakit maag. Tanpa ku tau pasti penyebabnya, terkadang aku suka meminum obat tersebut karena maag kambuh setelah makan apalagi dari makanan pedas dan bersantan. 

Namun ternyata kebiasaan meminum obat maag tanpa dicek terlebih dahulu tidaklah benar. Karena ciri ciri maag itu sebenarnya lebih kompleks dan lebih sekedar dari hanya sakit perut belaka. Menurut jurnal penelitian dari WHO, Indonesia menempati peringkat ke tiga jumlah penduduk dengan sakit maag setelah Amerika dan Inggris. Ini berarti penyakit maag atau istilah medisnya Dispepsia, tidak bisa dianggap sebelah mata, karena bila tidak ditangani dengan baik akan menjadi penyakit maag yang kronis.

Penyakit maag kambuh setelah makan ini  bisa disebabkan oleh beberapa faktor loh, ternyata disebabkan oleh kebiasaan kita sendiri yang berakibat kurang baik untuk tubuh. Penyebabnya antara lain, seperti :

  • Infeksi bakteri Helicobacter Pylori
  • Makan makanan pedas, berlemak atau asam
  • Sering terlambat makan dan membiarkan perut kosong
  • Makan terlalu cepat atau makan terlalu banyak
  • Stres berlebih
  • Kebiasaan mengosumsi obat keras
  • Kebiasaan merokok atau minum alkohol


Waspadai 5 Ciri ciri Maag ini Sebelum Menjadi Lebih Parah

Gejala maag yang berlangsung lama dapat menyebabkan maag menjadi lebih parah, atau disebut juga dengan maag kronis. Oleh karenanya gejala maag biasa pun perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan komplikasi di kemudian hari. Berikut ini adalah ciri ciri maag yang perlu kamu waspadai ya sobat

Nyeri di Ulu hati

Penyebab nyeri di ulu hati bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menempel pada lapisan mukus lambung dan menyebabkan peradangan, sehingga terjadilah tukak lambung. 

Tukak lambung sendiri adalah luka pada lapisan dinding lambung. Makanan yang bersentuhan dengan luka lambung dapat membuat nyeri. Rasa sakit akan semakin terasa saat perut kosong atau pun setelah makan. Penyebab lain rasa nyeri di lambung bisa disebabkan oleh penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS).

Perut kembung

Terjadi karena jumlah gas yang berlebih di saluran pencernaan akibat makanan bergas atau asam, sehingga membuat maag kambuh setelah makan dan perut terasa tidak nyaman. Perut kembung karena maag ini dapat terjadi secara berulang. Selain itu membuat perut nyeri saat ditekan, sering bersendawa dan buang gas terus menerus. 

Mual dan muntah

Karena produksi asam lambung meningkat, tak jarang rasa mual hingga muntah datang. Rasa mual disebabkan oleh rangsangan terhadap otak bagian bawah yang berkaitan dengan rasa sakit.

Hilang nafsu makan

Hilang nafsu makan ciri-ciri maag kambuh setelah makan
Pic : Freepik.com
Sakit maag hingga hilang selera nafsu makan dapat terjadi bila rasa sakit yang diderita membuat lidah dan mulut terasa pahit apalagi dalam waktu yang lama. Hal ini juga dapat mengakibatkan penurunan berat badan karena nutrisi yang masuk hanya sedikit.

Keluarnya darah saat muntah

Darah keluar saat muntah disertai rasa sakit yang menggerogoti perut, memberikan sinyal bahwa terjadi pengikisan yang parah pada lapisan atau dinding lambung (gastritis). Tak hanya saat muntah saja, kondisi ini bisa juga terjadi pada saat BAB. Apabila hal ini terjadi, segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih serius.

Cara Atasi Sakit Maag Kambuh Setelah Makan

Belasan tahun menderita sakit maag, ternyata aku masih saja abai sama gejala sakit maag ini. Padahal kalau lebih disiplin sama makanan yang aku santap, tentunya sakit maag ini tidak sering datang menghampiri. “Jangan ya dek ya, jangan abai pokoknya!”

Berikut ini adalah cara atasi sakit maag yang manjur untuk dicoba.

Konsumsi Makanan bertekstur Lunak

Saat terjadi sakit maag, sering kali kita memaksakan diri untuk makan-makanan yang bertekstur keras. Tentu saja perut menolak untuk menerima makanan yang masuk. Pilihlah makanan yang bertekstur lunak agar lambung dapat menerima dengan baik. Makanan seperti bubur atau nasi tim selalu menjadi alternatif saat sakit maag. 

Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil

Makan makanan dalam porsi kecil tetapi sering merupakan formula yang baik atasi sakit maag. Karena lambung dapat mencerna makanan secara perlahan tetapi dalam frekuensi yang sering.

Hindari Makanan Pemicu Sakit Maag

Makanan pemicu sakit maag, seperti makanan yang pedas, asam dan berminyak adalah makanan yang membuat maag selalu kambuh. Selain makanan tersebut hindari juga junk food dan makanan kurang bersih yang dijajakan di pinggir jalan. Merokok dan alkohol juga merupakan pemicu sakit maag yang dapat memperburuk kinerja tubuh.

Minum Air Putih agar Selalu Terhidrasi

Saat tubuh sedang dehidrasi, fungsi organ di dalam tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik, hingga menyebabkan sakit maag. Oleh karenanya minum air putih 8 gelas perhari agar tubuh dapat terhidrasi guna mencegah maag yang kambuh.

Konsumsi obat maag alami

Pada umumnya maag merupakan penyakit yang dapat diatasi sendiri di rumah. Sebelum menjadi lebih parah, sebaiknya disiplin untuk mengobatinya dengan baik. Sebelum menggunakan obat yang beredar di pasaran, ada baiknya menggunakan obat alami dari bahan herbal yang dipercaya secara turun menurun mengatasi sakit maag. Seperti kunyit, akar manis, cuka apel, madu ataupun jahe merah.


Sido Muncul Esemag Cair Atasi Maag Kambuh Setelah Makan

Maag kambuh setelah makan minum sido muncul esemag cair

Pertolongan pertama saat maag kambuh, sebaiknya atasi dengan obat herbal alami siap pakai dari Sido Muncul Esemag Cair. Sido Muncul Esemag dengan ramuan herbal rasa mint ampuh untuk mengatasi rasa nyeri karena gangguan lambung dan rasa tidak nyaman dari ciri ciri maag yang disebutkan sebelumnya.

Sido Muncul Esemag memiliki kandungan zat aktif herbal alami yang baik dan berkualitas, antara lain seperti :

Kunyit : dipercaya sebagai herbal yang memiliki kandungan anti inflamasi untuk atasi peradangan. Bermanfaat juga untuk memperkuat lapisan pelindung dinding lambung. 

Meniran : bermanfaat sebagai anti mikroba dan dapat mencegah datangnya infeksi bakteri seperti bakteri H.Pylori penyebab terjadinya luka dinding lambung

Akar Manis : sering disebut juga dengan licorice, bermanfaat sebagai anti radang dan juga dapat membantu penyembuhan luka lambung.

Kesimpulan

Maag merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Tentunya ada banyak faktor pencetus penyebab sakit maag ini, diantaranya seperti infeksi bakteri, makanan pemicu sakit maag, gaya hidup yang kurang baik sampai stres juga bisa jadi penyebabnya. Untuk itu agar maag tidak kambuh setelah makan, disiplin mengobati adalah salah satu solusinya. Jangan lupakan pertolongan pertama sakit maag dengan konsumsi herbal Sido Muncul Esemag cair yang ampuh buat atasi rasa nyeri dan tidak nyaman saat maag.

11 komentar

  1. Sangat realte bangent ini tulisannya. Informatif dalam menjelaskan dengan jelas ciri-ciri maag kambuh setelah makan. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran akan gejala awal agar maag tidak berkembang menjadi kronis.

    BalasHapus
  2. Ä°zin bertanya bu, jika kita memiliki salah satu ciri-ciri diatas, apakah kita harus memeriksakannya ke dokter yang mendiagnosa apakah itu memang maag atau bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, kalau bisa ke dokter ya biar dikasi tau gejala pastinya

      Hapus
  3. Aku ga ada sakit maag, suamiku yang maag-nya parah. Biasa kalau pas overload kerjaan kantor dipastikan kambuh maag-nya. Jadi stres kayaknya penyebabnya. Bolehlah ini dicoba pertolongan pertama sakit maag dengan konsumsi herbal Sido Muncul Esemag cair yang ampuh buat atasi rasa nyeri dan tidak nyaman saat maag datang

    BalasHapus
  4. Ada beberapa sayuran dan buah yang bikin maag kambuh mba id, jadi harus diwaspadai.
    Kayak kembang kol, dan kolnya, brokoli, buah nangka, cempedak. Itu harus waspada mba Id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups kak, buah tersebut bikin perut kembung

      Hapus
  5. Saya paling kerasa itu kalau beberapa kali makan makanan berkuah santan dan pedas seperti masakan Padang atau minum kopi lebih dari 3x berturut-turut. Perut jadi mual dan terasa bergas, serta diiringin perih.

    BalasHapus
  6. Pernah ngalamin tapi pas lagi hamil kak. Karena biasanya produksi asam lambung jadi berlebih.
    Btw Esemag ini karena dari bahan herbal aman lah ya kak buat busui dan bumil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat busui aman, kalau bumil pastikan tanya ke dokter kandungan dulu ya

      Hapus
  7. ngeri ya kalau maag kambuh sampai muntah darah. huhu
    memang gaya hidup berpengaruh banget dengan penyakit maag. Jadi, mesti ubah pola hidup sehat, terus sedia Sido Muncul Esemag Cair buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  8. Betull sekali maag tu spt penyakit sejuta umat di Indonesia yaa....Bisa dicegah asal makan teratur, nah dengan adanya esemag dari sidomuncul sangat membantu apalgi produksi sidomuncul yabg yahud sejak duli

    BalasHapus