$results={3}

Platform Media Sosial Favorit Gen Z, Ada yang Sering Kamu Pakai?

Sederet media sosial favorit Gen Z telah menjadi ruang bagi mereka untuk berekspresi dan belajar. Melansir dari situs https://thegetsmartblog.com, orang Indonesia menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk bermedia sosial.

Data tersebut membuktikan bahwa media sosial yang digunakan masyarakat Indonesia termasuk Gen Z, bukan hanya sekedar tempat untuk bersosialisasi. Manfaatnya yang begitu luas inilah yang membuat Gen Z tidak pernah terlepas dari media sosial. 

Apa saja jenis platform media sosial yang menjadi favorit mereka? Cek dulu informasi terbarunya ini. 

8 Platform Media Sosial Favorit Gen Z

Platform media sosial favorit gen z
Pic : Freepik.com

Setiap media sosial memiliki format konten yang berbeda dan menjadi alasannya banyak disukai. Bagi Gen Z yang lebih suka dengan konten video, visual menarik, cepat dan interaktif, maka berikut ini platform yang menjadi favoritnya:

1. Instagram 

Dilansir dari Emarketer, Instagram menduduki peringkat pertama sebagai media sosial yang disukai oleh Gen Z. Ada setidaknya 1.005 remaja dan orang dewasa di Amerika Serikat usia 15 hingga 26 tahun lebih memilih Instagram. 

Aktivitas yang dilakukan saat mengakses Instagram terbesar adalah menonton Stories, mengirimkan DM dan terakhir menonton Short Videos. Adapun isi kontennya paling banyak adalah kuliner, diikuti dengan fesyen dan kecantikan. 

2. TikTok 

Berada di peringkat kedua media sosial favorit Gen Z, TikTok menjadi platform yang disukai ketika ingin mencari produk tertentu. Kebanyakan Gen Z akan mencari informasi produk melalui Short Videos dan juga Lives Streams. 

Selain mencari produk, konten-konten kreatif di TikTok juga mampu memikat hati Gen Z sebagai hiburan murah meriah yang mereka cari. Tidak sedikit pula Gen Z yang memilih untuk membuat konten di TikTok karena fitur editing yang mudah. 

3. Youtube 

Youtube menjadi sosial media Gen Z di urutan ketiga yang banyak disukai. Daya tarik utama dari platform ini adalah konten video panjang yang beraneka ragam. Bahkan tidak tanggung-tanggung, mereka bisa menghabiskan 24% waktu untuk menonton di Youtube. 

Alasan lain mengapa Youtube merupakan media sosial favorit Gen Z adalah aksesnya yang mudah di berbagai perangkat. Bagi mereka, konten di Youtube juga jauh lebih beragam dan pembahasannya mendalam dibandingkan platform lainnya. 

4. Twitter (X)

Platform yang dulunya berlogo biru ini juga termasuk favorit para Gen Z. Twitter yang kini berubah nama menjadi X, adalah media sosial yang bisa memudahkan Gen Z untuk mengekspresikan diri melalui cuitan atau tweet. 

Selain Gen Z, X juga menjadi media sosial Generasi X yang banyak disukai. X memiliki konsep berbeda dan sebagian besar bermanfaat untuk mencari informasi tentang berita atau apa yang sedang happening di masyarakat. 

5. Threads 

Threads dan Pinterest salah satu media sosial favorit gen z

Aplikasi media sosial yang baru saja meluncur pada tahun 2023 ternyata bisa langsung menarik hati para Gen Z. Threads yang memiliki konsep mirip dengan X sering digunakan untuk mencari informasi terbaru, tren dan juga opini. 

Sebagai media sosial favorit Gen Z, Threads memiliki tampilan yang sederhana dan bisa digunakan untuk diskusi yang santai. Gen Z bisa dengan lebih bebas untuk mengungkapkan opininya melalui platform yang satu ini. 

6. LinkedIn

Siapa yang tidak mengenal LinkedIn? Platform yang sudah rilis sejak 2003 ini memiliki konsep khusus yaitu bagi para pencari kerja atau media sosial untuk karir. Bagi Gen Z, LinkedIn merupakan aplikasi tren yang sangat membantu untuk meningkatkan tampilan profesional di dunia maya. 

Sangat mudah untuk mengembangkan jaringan profesional di LinkedIn dengan membuat profil yang menarik. Sebagai alat personal branding, LinkedIn juga sangat berguna untuk generasi Milenial. 

7. Pinterest 

Tidak ketinggalan pula platform media sosial Pinterest yang khusus untuk berbagi inspirasi gambar juga menjadi favorit Gen Z. Melansir Tempo, pada tahun 2023 lalu jumlah pengguna Pinterest sempat mencapai rekor hingga 482 juta. 

Hal tersebut membuktikan bahwa Pinterest tidak kalah pamor dari aplikasi media sosial lainnya. Bagi Gen Z yang sangat suka dengan visualisasi menarik, tentu saja membuat Pinterest harus menjadi salah satu aplikasi yang terinstal di hp. 

8. Reddit 

Reddit aplikasi sosmed favorit para gen z

Fenomena Gen Z dalam menggunakan media sosial tidak melulu tentang video dan gambar menarik. Mereka juga menyukai platform diskusi yang mendalam seperti Reddit. 

Di aplikasi Reddit, Gen Z bisa menemukan informasi penting mengenai hal tertentu kemudian melanjutkannya dalam diskusi mendalam. Mereka juga bisa dengan mudah menemukan ide-ide menarik dari diskusi tersebut. 

Reddit kerap menjadi acuan utama Gen Z ketika ingin menemukan komunitas yang sesuai dengan apa yang mereka cari atau sukai. Terutama tentang topik teknologi maupun hiburan yang sedang tren. 

Inilah beberapa media sosial favorit Gen Z yang saat ini masih terus mereka gunakan. Apakah salah satunya ada yang sering kamu pakai? 

Apapun media sosialnya, pastikan saja kamu selalu bijak dalam memposting konten. Ciptakan konten-konten yang bermanfaat bagi orang lain untuk bisa menambah pengalaman dan hiburan yang menarik. 


Sumber :

https://www.emarketer.com/content/gen-z-social-media-preferences

https://www.liputan6.com/tekno/read/5560778/instagram-jadi-medsos-paling-populer-di-kalangan-gen-z

Lebih lamaTerbaru

1 komentar

  1. sepertinya anak Gen Z hampir semuanya punya aplikasi tersebut
    aku sendiri hanya beberapa aplikasi sosmed yang aku buat dan itupun kadang nggak semuanya sempet aku update isinya, saking sibuknya juga
    kadang untuk scroll 1 sosmed malah ketagihan dan makan waktu lama, belum lagi penasaran buat buka sosmed satunya

    BalasHapus